Contoh Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen PPDB SMA/SMK/SMP/SD

Saat mendaftar di PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru), penting untuk melampirkan Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen yang menyatakan bahwa seluruh informasi yang diberikan adalah benar. Banyak orang tua dan wali murid sering bingung tentang bagaimana cara menulis surat pernyataan yang benar. Di artikel ini, saya akan membantu kamu memahami cara membuat surat tersebut serta menyediakan Contoh Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen PPDB untuk SMA, SMK, SMP, dan SD yang bisa kamu download dan edit sesuai kebutuhan.

Download Contoh Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen PPDB SMA/SMK/SMP/SD Format Doc/Word dan PDF Gratis
Gambar : Contoh Format Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen PPDB untuk SMA/SMK/SMP/SD

Apa itu Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen PPDB?

Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen PPDB
Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen PPDB adalah surat resmi yang ditandatangani oleh calon siswa dan orang tua atau wali siswa untuk menyatakan bahwa semua dokumen yang diserahkan dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) adalah asli dan sah. Surat ini diperlukan sebagai bentuk jaminan bahwa data-data seperti ijazah, akta kelahiran, kartu keluarga, dan dokumen persyaratan lainnya sesuai dengan kondisi sebenarnya dan tidak dipalsukan.

Dalam proses PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru), surat pernyataan ini sangat penting karena sekolah membutuhkan jaminan bahwa setiap calon peserta didik telah menyerahkan dokumen yang benar dan valid. Apabila ada ketidakbenaran dalam dokumen, siswa bisa terkena sanksi, termasuk dikeluarkan dari proses seleksi.

Cara Membuat Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen untuk PPDB

Untuk membuat Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen PPDB, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Judul Surat: Tuliskan judul surat "Surat Pernyataan" di bagian atas, diikuti dengan pernyataan bahwa surat ini berkaitan dengan kebenaran dokumen untuk keperluan PPDB.
  • Identitas Siswa: Sertakan informasi lengkap tentang siswa seperti nama siswa, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan alamat lengkap.
  • Isi Pernyataan: Dalam isi surat, nyatakan dengan jelas bahwa semua dokumen yang dilampirkan adalah asli dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
  • Tanda Tangan Orang Tua/Wali dan Siswa: Pada bagian akhir, surat harus ditandatangani oleh orang tua atau wali, serta siswa yang bersangkutan. Sebagai tambahan, tempelkan materai untuk memperkuat legalitas surat.
  • Tanggal dan Tempat: Jangan lupa mencantumkan tanggal dan tempat surat tersebut dibuat.

Contoh Format Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen PPDB untuk SMA, SMK, SMP, dan SD

Berikut ini contoh format sederhana yang bisa kamu ikuti:

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : SALIM
NISN : ....
Alamat : Jl.... RT ... RW ... Desa/Kelurahan .... Kecamatan .... Kabupaten/Kota ... Provinsi ....

Dengan ini menyatakan bahwa seluruh data dokumen yang saya pergunakan dalam keikutsertaan pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK/SMP/SD*) Tahun Pelajaran 20../20.. dapat saya pertanggungjawabkan kebenaran data dan faktanya, maupun cara perolehannya.

Demikian Surat Pernyataan ini kami buat dengan sesungguhnya dan penuh tanggungjawab, dan apabila dikemudian hari diperoleh kesimpulan bahwa Surat Pernyataan ini tidak benar, maka saya siap menerima sanksi dikeluarkan dari sekolah meskipun saya dinyatakan diterima dalam seleksi PPDB Tahun Pelajaran 20../20..

Mengetahui,

Orang Tua/Wali

 

ICAL

....., .......

Yang Membuat,

[MATERAI 10.000]

SALIM

Untuk kamu yang sedang membutuhkan filenya. Silahkan download secara gratis dan lengkap dalam bentuk format Doc (Word) dan PDF melalui link dibawah ini:


Apabila ada hal-hal yang ingin kamu sampaikan. Beritahulah kami.

Baik itu tanggapan, saran, masukan, kritikan yang membangun, atau apapun itu.

Silahkan gunakan kolom komentar yang sudah disediakan.

Bagi kamu yang mencari contoh format administrasi PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) dan administrasi sekolah lainnya. Silahkan cek dan telusuri lebih lanjut hanya di website www.formatadministrasidesa.com.

Format Terkait

Jika kamu sedang mencari dokumen administratif lain yang terkait dengan proses PPDB atau kebutuhan administrasi sekolah, berikut adalah beberapa format yang dapat membantu:
  1. Contoh Surat Keterangan Domisili untuk PPDB - Surat keterangan domisili sering diperlukan sebagai bukti tempat tinggal calon peserta didik.
  2. Surat Pernyataan Orang Tua/Wali untuk PPDB - Surat yang menyatakan bahwa orang tua/wali mengetahui dan menyetujui keikutsertaan anak dalam proses PPDB.
  3. Kumpulan Contoh Surat Pernyataan – Kumpulan berbagai jenis surat pernyataan, termasuk surat pernyataan kebenaran dokumen, kesanggupan, dan lainnya yang dibutuhkan dalam berbagai situasi administratif.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi halaman Kumpulan Format Surat PPDB atau administrasi sekolah yang berisi berbagai contoh surat dan dokumen yang dibutuhkan dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru dan sekolah pada umumnya.

Demikian ulasan tentang Contoh Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen PPDB atau surat pernyataan keabsahan dokumen. Semoga bermanfaat.

Baca juga : CONTOH SURAT PERNYATAAN PESERTA DIDIK BARU DAN ORANG TUA/WALI UNTUK PPDB
Terima kasih telah membaca artikel di Web-Blog FORMAT ADMINISTRASI DESA yang berjudul: Contoh Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen PPDB SMA/SMK/SMP/SD. Konten tersebut mengulas tentang Download contoh Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen PPDB untuk SMA/SMK/SMP/SD. Mudah di-edit, format Word/Doc dan PDF, siap pakai untuk keperluan PPDB..

Silahkan bagikan artikel ini ke media sosial kamu, jika memang dirasa dapat memberi manfaat kepada orang lain. Terima kasih!
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget